Jumat, 25 Oktober 2013

Called out a memory from past : Romance of Three Kingdom IV

Kemarin gw tidur jam 03.00 pagi, gak ngerti kenapa disini pola tidurnya jadi kacau balau. Biasanya tidur minimal jam 3, malah sering gak tidur gara-gara takut kebablasan karna ada kuliah pagi.
Ngapain aja ? buka youtube, browsing, ber-canda-ing, gaming etc. mostly sih kerjaan gak  hehe..

Anyway, recently gw download game favorite gw waktu jaman SMP, nama game nya Romance of Three Kingdom IV. Dulu gw dikenalin game ini sama almarhum Daniel, sepupu gw, dan hampir semua anak cowo di keluarga gw suka sama game ini, dan kita selalu berebutan mau main duluan.
Almarhum Daniel, gw, Fajar sepupu gw, Feri adik gw, Iyan adiknya Daniel we all love this game, but of course this game was like in 2nd place, 1st is always PES/Winning Eleven hehe..

Penampakan cover gamenya

Game ini beranak pinak, dari satu sampe terakhir 11 kalau gak salah, dan ini yang terbaik menurut gw.
Karena ini game PS1 , dan gak mungkin jg beli PS1 jaman sekarang ya satu-satunya cara download emulator PS1. File emulatornya kecil, tp file gamenya 500MB, gede menurut gw.
As long as my internet connection in China is really fast and unlimited, so it doesn't matter hehehe ..

Di game ini, jagoan gw sebenernya Liu Bei, tapi, gw lebih milih bikin karakter raja baru pake nama gw (tetep narsis) biar lebih total dan lebih dapet feel nya (apasih) hehe..

Main goals dari game ini adalah lo harus nyatuin seluruh daratan China, bisa melalui perang, ataupun ngebujuk raja-raja kecil lainya untuk tunduk under your kingdom. Buat gw pribadi, yang menarik dari game ini adalah :

Finding Officer
Lo harus cari, rekrut, dan treat officer lo. tolak ukur dari kemampuan officer ini ada 6 variable, power, mind, politic, lead, charm, dan skill, serta skala nilainya dari 0 - 100.
Power : Kekuatan seorang officer, biasanya jenderal perang powernya 80 keatas. Berguna saat perang, duel, dan training soldier.
Lead : Jiwa kepemimpinan officer, biasanya berguna saat perang, training soldier, dan menjad governor salah satu vassal.
Mind : Pemikiran tokoh tersebut atas permasalahan kerajaan, biasanya berguna dalam membangun kota, melakukan negoisasi, dan berdagang.
Politic : Strategy dan kemampuan tokoh tersebut dalam foreign affair etc. biasanya berguna dalam melakukan negoisasi, menjadi penasihat, membangun senjata, dll.
Charm : Kharisma, berguna saat ingin merekrut offiicer, memberikan sedekah pada rakyat dan memimpin pasukan perang.
Skill : Kemampuan khusus dari si officer. This one is given randomly if you create your own ruler and officer, you can not control it. Tapi, untuk officer yang existing dibuat sesuai dengan sejarahnya.

Lihat gambar dibawah ini :

Zhuge Liang adalah salah satu officer under Liu Bei, dia merupakan perdana menteri terkenal di Jamannya, ada yang pernah liat film red cliff ? Dia itu yang suka pegang-pegang kipas dari bulu burung yang konon katanya adalah phoenix. Dia officer terbaik diantara lainya, jd no wonder seluruh kemampuanya hampir 100 dan kolom kemampuan yang dikuasainya hampir penuh semua.
He's my favorite actually.


Finding Item
Item adalah alat yang dipakai officer atau ruler untuk memperkuat/memberikan nilai tambah pada skill dan keterampilan ruler/officer tersebut.
Item tersebut dapat menaikan politik, charm, lead, power dll. dan berikut contoh dari item-item tersebut.

Item kuda : untuk duel/perang         Item buku kesehatan










Item pedang : ningkatin power        Item buku : ningkatin politik/mind


Dan masih banyak hal menarik lainya di game ini. Gw mau aja jelasin lebih panjang, tapi lagi-lagi penyakit malas dateng kalau udah nulis lebih dari 30 menit. dan i kinda like "turn on" again to play this game, jadi ya terpaksa gw udahin dulu nulisnya, beralih ke game nya sekarang hehe.
Buat yang suka Romance of Three Kingdom, wajib cobain game yang ke IV ini.

谢谢 !







1 komentar:

  1. Romance of Three Kingdom IV
    http://dewakartu168.com/ Dewa Poker dan Ceme Keliling Online adalah situs permainan Capsa Susun terpercaya yang dapat anda akses dengan mudah.

    BalasHapus