Selasa, 03 September 2013

Jangan Kaget Kalau Nemu Ginian Di China

Sebelum ke China, si pacar udah wanti-wanti tentang beberapa kebiasaan mereka yang mungkin bakalan ganggu. Nah, setelah stay di China lebih dari 2 minggu, saya mau share kebiasaan apa aja yg menurut saya ganggu hehe. Enjoy !


1. Orang ngeludah sembarangan


Kebiasaan ini sebenernya di Indonesia juga udah lumrah, tapi minimal di Indonesia meludahnya tidak terlalu ditempat yang mengganggu orang lain. Di China, orang meludah di manapun, bahkan di dekat area orang yang sedang makan. Coba bayangin dah tuh coy .. haha ..
Tapi, kebiasaan ini konon kabarnya telah banyak berubah karena sudah muncul kesadaran akan bahanya meludah sembarangan seperti menularkan virus flu burung. So, i appreciate it !

2. Perempuan berbulu ketek

Sumpah , ini agak horror juga sih menurut saya. Jangan heran kalau di china perempuan nya banyak yang manjangin bulu ketek. Kalau kata pacar saya sih, mereka manjangin bulu ketek ini untuk menandakan bahwa mereka adalah perawan. Hak asasi mereka sih mau manjangin atau gak, tapi jujur ini ganggu banget, apalagi pas siang kepanasan di bus umum, terus desek-desekan dan mukanya ngadep ke ketek perempuan berbulu tersebut. No offense lho , ini pendapat pribadi saya aja, kalau mau manjangin bulu ketek ya monggo :p
Anyway, bulu keteknya aja panjang, gimana bulu yang lain ya hehe ..

3. Toilet yang aduhai joroknya

Mungkin kalau yang satu ini kalian udah sering denger, tapi meminjam istilah teman saya, Sigit, I Believe When I See It, dan saya udah melihat sendiri kotornya toilet disini. Memang tidak semua toilet kotor dan jorok, tapi lebih baik jangan juga ber ekspektasi kalau semua toilet disini bersih. Sudah lumrah disini kalau misalkan abis pupub dan toiletnya gak di flush. Jadi, yang akan menggunakan toliet berikutnya lah yang bertanggung jawab untuk flush bekas pupub orang lain hehe ..
Ada stigma, dimana ada orang CK (istilah untuk pribumi china) , disitu pasti toiletnya kotor dan jorok.
Well , it happen in my case actually. i stay in international student dormitory, all of international students lives here and we share our bathroom, but there's also local people here, and guest what happen next to our toilet :D
pesan moral : baik penduduk lokal tiongkok maupun international student harus saling menjaga kebersihan hehe ..

4. Memasak Hanya Pakai Kaus Dalam


kalau yang hobi makan di pinggir jalan atau restauran kelas bawah, siap-siap aja nemuin hal ini. Jangan dibayangkan yang masak badanya bakalan kayak gitu, hehe. Biasanya, kalau summer, yang masak itu pada pakai kaos  dalam saja. Dan mahasiswa berduit pas-pasan macam saya ya gak ada pilihan lain selain baca doa semoga asin masakanya bukan dari sari-sari keringat si mamang yang masak hehe!
Kalau summer, jangan heran juga kalau di jalan ngeliat orang jalan gak pakai baju, orang di bus umum gak pakai baju, itu hal lumrah. Sempet kepikiran juga saya mau tampil beda, kalau yang lain gak pakai baju, saya rencananya gak pakai celana .. tapi, keburu disadarkan sama pacar saya hehe.


5. No English !



walaupun kampus saya ini banyak international student, tapi jangan pernah berharap orang-orang di china ngerti bahasa inggri semua. mungkin sekitar 95% orang china yang saya temuin tidak dapat berbahasa inggri (diluar dosen-dosen yang bertugas mengajar tentunya).
Konon kabarnya hal ini karena mereka bangga akan bahasanya sendiri seperti bangsa jepang dan prancis.
Saya termasuk orang nekat yang kesini tanpa belajar bahasa china sedikitpun, beruntung pacar saya yang sudah 1 tahun disini bisa bahasa china, so i count on you babe ! :*


you better prepare your self for the worse condition when you are planning to go to china.
Good luck !

2 komentar: